Tempat Makan Enak di Dieng

10



Kalau bepergian ke tempat yang temperaturnya rendah, pasti pengennya makan atau minum yang hangat-hangat. Iya kan? Kayak sup, wedang ronde, jahe hangat dll.

Kalau di Dieng enaknya makan apa ya? Saya bagi sedikit ya cerita tentang makanan enak di Dieng.

Rumah makan yang saya rekomendasikan di Dieng adalah Restoran Bu Djono & Warung Mbak Mien. Resto Bu Djono nya di dalam Bu Djono Homestay. Homestay ini sangat terkenal di Dieng karena harga nya murah banget ( cuma 80.000 per malam ) dan masakan resto nya enak-enak. Banyak pelancong mancanegara khususnya backpacker yang memilih untuk menginap disini. Jangan lupa kenalan sama Mas Dwi, pengurus homestay Bu Djono ini, orangnya ramah & baik hati. 😉
Di Dieng tidak terdapat banyak pilihan tempat makan. Ada beberapa warung makan kecil / warteg di tepi jalan tetapi gak punya price list. Dari cerita penduduk, ternyata warung2 kecil itu ada yang suka menaikkan harga sembarangan. Kasihan banyak wisatawan yang tertipu, apalagi wisatawan yang kelihatan berduit. Jadi, hati-hati aja kalau makan di warung yang gak punya daftar harga ya.

Rumah Makan Bu Djono
Warung Makan Mbak Mien

Menu favorit saya di Bu Djono adalah Ayam Bakar. Porsi Ayam nya besar banget. Sambal nya apa lagi. Wuihh…. maknyus. Sup jamur juga menjadi menu andalan Bu Djono. Apalagi untuk disantap saat makan malam. Hangat dan enak di perut. Harga porsi ayam nya cuma Rp. 15.000,- sudah komplit pakai nasi. Wuih top deh.

Ayam Bakar Bu Djono. Gede banget yah?

Kalau restoran Mbak Mien ini terkenal sama Nasi Goreng Jamur nya. Enak banget. Enggak perlu pakai banyak kecap atau cabai biar terlihat “goreng”, rasa nasi goreng nya pas. Enaknya sih nyobain makanan Mbak Mien itu pagi-pagi sewaktu sarapan. Harga nasi goreng nya Rp. 12.000,- per porsi. Jangan lupa makan nasi goreng nya dicampur Kripik Jamur khas Dieng. Nambah selera makan dan cocok jadi oleh-oleh 🙂

Sarapan nasi goreng jamur di Mbak Mien. Nyammm.

Kalau ke Dieng pastikan jangan sampai ketinggalan untuk nyobain Purwaceng. Purwaceng ( Pimpinella pruatjan) adalah tanaman yang terkenal dengan khasiatnya untuk meningkatkan stamina pria. Biasanya diolah jadi bubuk purwaceng, kopi purwaceng dan susu purwaceng. Mirip jamu, tapi enak juga sih, agak pedas di mulut tetapi hangat di perut dan rasanya gak pahit. Purwaceng dikenal sebagai viagra tradisional. Banyak orang khususnya pria yang mencari purwaceng ini. Purwaceng agak susah didapat, tapi beda cerita kalau di Dieng, di setiap sudut ada. Katanya sih, tanaman Purwaceng ini pertama kali ditemukan di Swiss. Wuih. Hmmm tapi pas saya yang minum, kok saya tidak merasa bergairah ya? #eh

Kopi Purwaceng biar “GREEENG”

Nah, itu dia rekomendasi tempat makan yang enak di Dieng. Sudah coba beberapa tempat makan yang lain, tapi yang paling direkomendasiin sih yang ini. Enak di perut, enak di kantong. Semoga info nya bermanfaat untuk yang mau berlibur ke Dieng ya. 😉

Related Posts

10 Responses
  1. Wah tempo hari di Dieng sempat bingung mau kulineran dimana, akhirnya pilih makan di warung tak bernama dekat homestay Nusa Indah. Untungnya enak & murah. Meski menunya mie ongklok lagi mie ongklok lagi 😀

    Andai saja postingan ini sudah kubaca duluan pasti gak bakal bingung deh. Anyway thanks for sharing, Kak 🙂

Leave a Reply